Harga Terbaru 2016

1001 Tips Cara Memakai Kondom yang Benar dan Aman Sesuai Anjuran Medis

Sebelum melanjutkan membaca 1001 Tips Cara Memakai Kondom yang Benar dan Aman Sesuai Anjuran Medis, Kami mengajak Anda untuk ikut berpartisipasi dalam meningkatkan rating positif situs ini. Cukup dengan : "KLIK" tombol
loading...

Cara Pakai Kondom Sebagai Alat Kontrasepsi yg Aman - Menggunakan alat kontrasepsi atau kondon merupakan salah satu langkah terbaik untuk melindungi diri dari segala kemungkinan infeksi menular seksual. Dalam praktiknya, ternyata pemakaian kondom pun tidak boleh asal-asalan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sesuai anjuran medis yang akan dibahas dalam artikel kesehatan berikut ini.
Petunjuk Cara Memakai Kondom yang Benar | Merdeka.com

Agar cara pemakaianya lebih efektif dan praktis, maka cara memakai kondom yang baik dan benar harus benar-benar Anda pahami. Selain berfungsi sebagai pencegah penularan infeksi menular seksual atau biasa disebut sebagai IMS, pemakaian kondom pun dinilai sangat efektif untuk mencegah kehamilan yang tidak diinginkan (Tentu hal ini dikhususkan bagi pasangan yang sudah menikah).


Bahan Pembuat Kondom

Kondom atau Alat kontrasepsi sendiri merupakan penghalang yang terbuat dari bahan karet lateks, bahan ini tentu harus melewati uji klinis yang sehat. Sebagian dari kondom berbahan dasar karet lateks tersebut biasa dikenal sebagai polyisoprene sintetis atau plastik yang dibuat sangat tipis, atau poliuretan.


Yang Wajib Anda Perhatikan Saat Memakai Kondom


Sebelum Anda mempelajari cara memakai kondom yang tepat seperti apa yang akan dipaparkan dibawah, sebaiknya Anda ketahui terlebih dahulu beberapa hal penting terkait penggunaan dan pemakaian alat kontrasepsi. Hal-hal tersebut adalah berkaitan dengan anjuran dan larangan memakai kondom seperti berikut ini:

Larangan Saat Memakai Kondom

Ketika Anda hendak memakai kondom, sebaiknya hindari hal-hal yang menjadi larangan berikut ini:
  • Hindari menggunakan kondom yang mengandung bahan spermisida, karena bahan ini bisa menyebabkan iritasi pada bagian kulit.
  • Jangan menggunakan kondom lebih dari satu dalam waktu yang sama. 
  • Tidak boleh menggunakan kondom lebih dari satu kali. Artinya, ketika Anda selesai menggunakannya segera buang kondom yang sudah digunakan.
  • Jangan simpan kondom didalam dompet, karena ini sangat rentan terhadap gesekan dan paparan suhu panas, sehingga bisa memicu rusaknya kualitas kondom.

Anjuran Saat Memakai Kondom

Hal-hal yang perlu Anda perhatikan saat memakai kondom sesuai anjuran medis yang baik dan aman, diantaranya adalah sebagai berikut:
  • Gunakan kondom setiap kali Anda akan berhubungan intim dengan pasangan, kecuali jika sedang menginginkan hamil.  
  • Pakailah kondom sebelum Anda memulai hubungan seksual dengan pasangan. 
  • Sebelum Anda memakainya, pastikan terlebih dahulu dengan membaca aturan pakai serta tanggal kedaluarsa yang tertera pada bagian kemasan. 
  • Periksa terlebih dahulu bahwa kondom yang akan Anda pakai dalam keadaan yang baik atau tidak cacat dan tidak berlubang dan bocor. 
  • Pakailah kondom dari bahan yang aman dan sudah terdaftar pada institusi kesehatan, yaitu berbahan lateks atau poliuretan, ini sangat penting dilakukan. 

Bagaimana Cara Memakai Kondom Benar dan Aman?

Setelah Anda mengetahui beberapa Anjuran dan larangan memakai kondom diatas, kini saatnya Anda mengetaui bagaimana cara memakai kondom yang benar sesuai petunjuk medis. Berikut adalah langkah-langkah yang harus Anda ikuti:
  1. Gunakan jari-jari Anda untuk mendorong kondom ke arah yang berlawanan, mulai dari bagian kemasan yang akan disobek. Hal ini merupakan tahapan penting untuk menjaga agar kondom tidak ikut sobek saat dibuka.
  2. Ambillah kondom dari kemasan menggunakan jari. Jepit bagian ujung kondom untuk mencegah udara terperangkap didalamnya. Jika ada udara yang tersimpan didalamnya akan membuat kondom mudah sobek.
  3. Sembari anda memegang bagian ujung bulat dari kondom, tempatkan kondom di atas bagian kepala penis. Akan lebih mudah jika penis sudah ereksi sempurna ketika memakai kondom.
  4. Bukalah gulungan kondom pelan-pelan ke arah bawah penis menutupi seluruhnya. Jika hal ini tidak bisa dilakukan, berarti langkah saat Anda memakainya tidak benar alias terbalik. Untuk mengulanginya, ambil kondom baru dan mulai lagi dari awal.
  5. Apabila Anda sudah selesai berhubungan intim dan telah mengalami yang namanya ejakulasi, segera cabut penis sebelum ereksinya hilang. Ini bertujuan untuk mencegah terjadinya kebocoran pada kondom di dalam vagina pasangan Anda.
  6. Setelah penis dikeluarkan dari vagina, tarik kondom dari penis secara perlahan supaya sperma yang ada didalamnya tidak tumpah.
Dengan mengikuti tips cara pemakaian kondom yang benar dan tepat seperti diatas, maka rasa khawatir akan tertular penyakit seksual atau pasangan hamil bisa diminimalisir.

Kami sangat berharap artikel 1001 Tips Cara Memakai Kondom yang Benar dan Aman Sesuai Anjuran Medis diatas bisa menjadi edukasi yang bermanfaat khususnya bagi pembaca dan umumnya bagi seluruh masyarakat. Dibawah ini, ada beberapa artikel manfaat menarik berkaitan dengan Artikel Kesehatan, Tips Sehat, dll. Kami mohon bantuan Anda untuk dapat menyebarkan/membagikan informasi ini via tombol "TWEET" atau "SHARE" yang ada dibawah ini untuk saling SHARE informasi kepada teman maupun sanak saudara untuk menambah wawasan dan edukasi seputar manfaat alami di sekitar kita.

Advertisement

Posting Komentar

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *